Training Kebijakan Tata Kelola Manajemen Rumah Sakit

Training Kebijakan Tata Kelola Manajemen Rumah Sakit

TRAINING PENYUSUNAN BISNIS PROSES SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI RUMAH SAKIT

Training Kebijakan Tata Kelola Manajemen Rumah Sakit (Good Coorporate Governance)

Training Bisnis Proses Dan Proses Bisnis Rumah Sakit

training kebijakan tata kelola manajemen rumah sakit (good coorporate governance) murah

Training Description :
Setiap entitas atau institusi harus selalu siap menghadapi perubahan agar tetap exist dalam kancah persaingan guna tetap memelihara keberlangsungan serta keberlanjutan usaha entitas tersebut. Saat ini, persaingan dan kompetisi semakin ketat diantara para pemain usaha, dimana pesaing bukan hanya entitas atau organisasi yang berada pada usaha yang sama tetapi dapat juga berasal dari usaha yang lain. Tidak ada yang tidak berubah kecuali perubahan itu sendiri. Industri-industri dalam berbagai sektor saat ini memiliki tantangan perubahan yang besar dalam memberikan produk dan jasa layanan yang terbaik serta berkualitas bagi pelanggan selain juga mengikuti pola konsumen,teknologi,dan perubahan zaman lainnya yang berubah secara cepat dan dinamis setiap waktunya, tidak terkecuali untuk industri kesehatan yakni seperti rumah sakit.

Rumah sakit adalah sebuah institusi perawatan kesehatan profesional yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat, dan tenaga ahli kesehatan lainnya. Dalam perkembangannya, rumah sakit masa kini bukan lagi berfungsi sebagai lembaga sosial semata, tetapi merupakan lembaga bisnis yang patut diperhitungkan keberadaanya. Perubahan fungsi ini terjadi dengan banyak ditemukannya penyakit-penyakit baru maupun teknologi pengobatan yang semakin maju. Sistem informasi telah mempengaruhi pula pelayanan rumah sakit, antara lain dibutuhkan dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat akan ketepatan dan kecepatan pelayanannya.

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. SIA sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi sementara Sistem Informasi Manajemen merupakan prosedur pemrosesan data berdasarkan proses informasi dan diintegrasikan dengan prosedur manual dan prosedur yang lain untuk menghasilkan informasi yang tepat waktu dan efektif untuk mendukung proses pengambilan keputusan manajemen. Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi saat ini merupakan sumber daya utama, yang mempunyai nilai strategis dan mempunyai peranan yang sangat penting sebagai daya saing serta kompetensi utama sebuah institusi seperti rumah sakit dalam menyongsong era Informasi ini.

Bisnis Proses dan Sistem informasi akuntansi rumah sakit merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan upaya peningkatan mutu tersebut. Sistem informasi akuntasi rumah sakit secara umum bertujuan untuk mengintegrasikan sistem informasi akuntansi dari berbagai subsistem bisnis proses dan mengolah informasi yang diperlukan sebagai pengambilan keputusan. Manajemen rumah sakit menghendaki pengelolaan rumah sakit yang efektif dan efesien. Efektif dalam arti tingkat keberhasilan penanganan terhadap pasien cukup tinggi dan efesien berarti optimal dalam penggunaan sumber daya rumah sakit yang ada. Suatu upaya serius dan terencana harus ditempuh agar keinginan tersebut dapat tercapai.

Sistem proses yang dirancang khusus untuk membantu proses pengolahan data di rumah sakit adalah teknologi informasi berupa Sistem Informasi Akuntansi dan Bisnis proses rumah sakit. Informasi merupakan aktivitas (asset) penting suatu rumah sakit dalam meningkatkan efesiensi dan efektifitas pekerjaan. Era saat ini, banyak rumah sakit tidak menyadari berapa banyak informasi telah didapat dan diproses serta didistribusikan baik secara akurat dan tepat waktu. Di bidang kesehatan terutama Rumah Sakit sangat membutuhan Sistem Informasi Akuntansi dan Bisnis Prosesnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat untuk menyongsong ‘Indonesia Sehat 2011.

Untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit dalam rangka memastikan setiap proses bisnis di dalam rumah dapat berjalan secara rapi, maka diperlukan peningkatan keahlian dan kompetensi melalui suatu pelatihan penyusunan manual sistem informasi akuntansi dan pembentukan unit bisnis proses sistem pengendalian. Dengan penyusunan sistem informasi akuntansi rumah sakit serta pembentukan suatu fungsi business effectiveness di dalam suatu rumah sakit dimana fungsi tersebut yang bertugas menyusun proses bisnis termasuk sistem pengendalian internal didalamnya diharapkan setiap aktivitas dan kegiatan di dalam rumah sakit hingga pertanggungjawabannya tercermin dalam laporan keuangan dapat berjalan secara efektif dan efisien sehingga mendukung tujuan, visi serta misi rumah sakit dapat tercapai.

Tujuan :
* Memahami pentingnya memastikan strategi institusi rumah sakit dipedomani dan dikomunikasikan kepada seluruh karyawan dan pentingnya seluruh unit kerja diintegrasikan untuk menciptakan interdependensi yang kuat dalam mencapai sasaran unit kerja.
* Memahami Kebijakan rumah sakit, Process Map (Best Practices) dianalisis dalam menyusun Rancangan Process Kebijakan rumah sakito
* Memahami Best Practice, dan Kajian Process kebijakan dan panduan manajemen dianalisis dalam menyusun Rancangan process kebijakan dan dan panduan manajemen Rancangan Pengelolaan Internal Control Inisiatif Penyediaan Kebijakan proses.
* Memahami Kebijakan tata kelola manajemen Rumah Sakit (Good Coorporate Governance) sistem kebijakan kepemimpinan, & laporan pengawasan dievaluasi dalam menyusun inisiasi process pengawasan laporan peningkatan & implementasi kebijakan akuntansi Rumah Sakit
* Memahami kebijakan Rumah sakit, bisnis proses (flow chart), dianalisis dalam menyusun rancangan kebijakan dan panduan manajemen dan memahami peraturan dan kebijakan manajemen perusahaan dianalisis dalam menyusun rancangan bisnis proses rumah sakit
* Memahami Pengendalian mutu pelayanan, Pengendalian mutu dan penilaian produktivitas , Penyederhanaan pelayanan .Analisis manfaat dan perkiraan kebutuhan .Penelitian klinis .Pendidikan, Perencanaan dan evaluasi program rumah sakit

Outline :
1. Bisnis proses dan proses bisnis rumah sakit
2. Sistem pengendalian internal (internal control system) rumah sakit
3. Unit bisnis proses (business effectiveness unit) rumah sakit
4. Proses dan dukungan manajemen keseluruhan (enterprise wide process management & support) rumah sakit
5. Dukungan dan proses manajemen (business unit process management & support) rumah sakit
6. Manajemen kualitas rumah sakit (enterprise quality management)
7. Kebijakan Manajemen Resiko rumah sakit (risk management)
8. Pengendalian internal atas pelaporan keuangan rumah sakit (internal control over financial reporting)
9. Good corporate management (tata kelola rumah sakit yang baik)

Who should attend ?
Manajemen Rumah sakit, sistem pengendalian internal rumah sakit, Akuntan, rumah sakit, karyawan akuntansi manajemen rumah sakit, karyawan kebijakan akuntansi rumah sakit , para karyawan rumah sakit bagian keuangan dan administrasi lainnya

Course Leader :
Surya Mardi Dominic SE.,Ak.,MM.,BAP (Cand.),Dip. IFR
Narasumber adalah seorang praktisi dan akademisi di bidang akuntansi, audit dan pengendalian internal. Beliau lulus Pendidikan Profesional Akuntan, Sertifikasi Profesional Internal Audit dan Information System Audit, Universitas Indonesia serta kandidat Berakreditasi Akuntan Publik. Pendidikan terakhir adalah S2, Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan memiliki spesialisasi di bidang Manajemen Resiko dan Analisa Keuangan serta lulus sertifikasi Diploma International Financial Reporting Standard (IFRS). Selain aktif sebagai pembicara seminar dan anggota organisasi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), beliau saat ini menjabat sebagai Senior Officer Financial Reporting Manager di BUMN Indonesia terdaftar pada Bursa Efek New York dan Indonesia dimana sebelumnya bekerja pada senior level di Kantor Akuntan Publik (KAP) Big Four terbesar.

Jadwal dsbanking.com tahun 2020 :

21-23 Januari 2020

18-20 Februari 2020

17-19 Maret 2020

14-16 April 2020

16-18 Juni 2020

14-16 Juli 2020

11-13 Agustus 2020

8-10 September 2020

13-15 Oktober 2020

10-13 November 2020

15-17 Desember 2020

Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Lokasi Pelatihan Diotraining.com :

  • Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (7.250.000 IDR / participant)
  • Jakarta, Hotel Amaris Tendean (7.750.000 IDR / participant)
  • Bandung, Hotel Golden Flower (7.750.000 IDR / participant)
  • Bali, Hotel Ibis Kuta (8.500.000 IDR / participant)
  • Lombok, Hotel Jayakarta (8.750.000 IDR / participant)

Investasi Pelatihan tahun 2020 ini :

Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Pelatihan di Diorama untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):

  • FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
  • FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
  • Module / Handout
  • FREE Flashdisk
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive

Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.

Technorati Tags: training reviu kertas kerja,temuan audit dan teknik penulisan laporan hasil audit yang efektif pasti jalan,training review kertas kerja pasti jalan,training teknik penulisan laporan hasil audit pasti jalan,training penyusunan laporan hasil audit pasti jalan,pelatihan reviu kertas kerja,pelatihan review kertas kerja pasti running

About the author

AdmDSBanking administrator

Leave a Reply